Plt Bupati Konsel Keluarkan Surat Edaran tentang Covid-19, Ini Isinya

462
Plt Bupati Konsel Arsalim Arifin

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Kasus positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Konawe Selatan bertambah nyaris setiap hari. Pemerintah daerah (Pemda) setempat lalu menyikapinya dengan mengeluarkan surat edaran nomor 440/1389 tahun 2020.

Surat edaran yang ditandatangani pelaksana tugas (Plt) Bupati Konsel, Arsalim Arifin itu tentang penyampaian kegiatan penerapan dan penegakan hukum protokol kesehatan (Prokes) sebagai upaya pencegahan dan pegendalian Covid-19 di tingkat desa/kelurahan.

“Iya baru saja saya tandatangani surat edaran untuk disampaikan kepada seluruh kepala desa (Kades) dan lurah se-Konsel. Kiranya dengan surat edaran tersebut, kades dan lurah untuk meningkatkan pendisiplinan masyarakat,” ujar Arsalim, kepada media ini, Rabu (01/10/2020).

Adapun isi surat edaran tersebut terdiri tiga poin. Pertama camat sebagai pembina ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat di tingkat kecamatan segera melakukan koordinas dengan pihak satpol PP, koramil dan polsek setempat dalam rangka pendisiplinan prokes Covid-19 di wilayah masing masing. Kedua, guna efektifnya pelaksanaan pendisiplinan prokes Covid-19, maka kepala desa, lurah, selaku ketua satuan tugas perlindungan masyarakat untuk melibatkan satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) dan komponen masyarakat lainnya.

Baca Juga :  16 Tahun Pengelolaan Pasar Basah Mandonga Bermasalah, Pemkot Tutup Mata

Selanjutnya, poin ketiga menyampaikan laporan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan kepada bupati melalui kepala satpol PP dan perlindungan masyarakat, baik secara lisan maupun tertulis.

Arsallim menambhakan, pendisiplinan masyarakat terhadap protokol Covid-19 ini penting, mengingat angka positif corona hampir setiap hari ada penambahan. Sementara pola hidup masyarakat, prokes covid-19 sering terabaikan, tidak menggunakan masker, masih berkumpul tanpa jarak di tempat-tempat keramaian dan lainnya.

“Inilah poin dari dikeluarkan surat edaran tersebut. Kita berharap kepala desa dan lurah serta aparat di desa untuk kerap memberikan pelayanan dan pendisiplinan warga,” harapnya.

AKBAR/NURSADAH