Positif Corona di Konsel Terus Bertambah, Penerapan Protokol Kesehatan Bakal Dievaluasi

270
Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan РKasus positif Corona (Covid-19) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam beberapa hari ini terus bertambah. Makin banyaknya warga yang terpapar virus asal Negeri Tirai Bambu ini,  pemerintah daerah (Pemda) melalui tim gugus tugas pencegahan dan penanganan Covid-19 setempat, bakal melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan protokoler kesehatan.

“Dalam beberapa hari ini, ada lonjakan angka yang terinveksi virus corona melalui data gugus tugas covid di Konsel. Terkait hal ini, Pemda Konsel akan melakukan evaluasi atas penerapan protokoler kesehatan terhadap aktivitas masyarakat Konsel,”ujar Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin, kepada media ini saat ditemui di kediamannya, Minggu (20/09/2020).

Menurut Arsalim, adanya kasus positif terhadap warga Konsel itu diindikasikan atas ketidaktaatan terhadap protokol kesehatan standar covid. Masih banyak warga yang tidak menggunakan alat pelindung diri (APD) dalam hal ini masker, serta melakukan aktivitas dengan tidak menjaga jarak.

“Inilah yang akan kita evaluasi. Misal di Kecamatan Laeya di dalam satu desa atau kelurahan sudah masuk zona merah. Ini yang akan menjadi evaluasi khusus, termasuk menerapkan protokol kesehatan dengan cara pengawasan ketat, karena masih adanya kegiatan-kegiatan kerumuman¬†¬† yang dapat menimbulkan penyebaran covid-19,” katanya.

Baca Juga :  Pemkot Kendari Optimalkan PAD Melalui Alat Perekam Pajak

Selain itu, kata mantan Kepala Bappeda Konsel di era bupati Imran ini, bahwa daya tampung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konsel juga akan ditingkatkan, baik itu ruangan beserta fasilitasnya, termasuk tenaga kesehatannya. Hal itu dikarenakan ruang isoalasi atau perawatan di RS Bahteramas Kendari makin hari makin banyak.

“Langkah-langkah ini akan segera kami lakukan untuk terus melakukan pencegahan dengan semakin mewabahnya virus corona di Konsel. Paling tidak ada edaran yang akan dikeluarkan oleh Bupati konsel,” tandasya.

ODEK/NURSADAH