Presiden Jokowi Dijadwalkan Pelepasliaran Hewan Anoa dan Rusa di TNRW

Lokasi rencana pelepasliaran hewan endemic jenis Anoa dan Rusa di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai di perbatasan Kabupaten Konawe Selatan dan Bombana. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Moment Hari Pers Nasional (HPN) di Sulawesi Tenggara (Sultra), pihak Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRW) menyiapkan agenda pelepasliaran hewan endemic jenis Anoa dan Rusa di perbatasan Kabupaten Konawe Selatan – Bombana. Pelepasliaran tersebut direncanakan dihadiri oleh Presiden RI H Joko Widodo pada tanggal Februari 2022.

‘’Kami saat ini tengah mempersiapkan kebutuhan akan kegiatan pelepasliaran hewan endemic ini. Begitu juga dengan kesiapan kehadiran Bapak Presiden RI segala kebutuhan kawasan penangkaran hewan jenis Anoa maupun Rusa sudah siap.’’ ujar Kepala Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Ali Bahri kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa, (25/01/2022).

Ali Bahri mengatakan, tempat acara pelepasliaran berada tepat dikawasan pembangunan penangkaran Anoa dan Rusa yang memiliki luas masing-masing penangkaran sebesar delapan puluh hektar persegi.

“Jumlah hewan endemic Anoa ini diperkirakan berjumlah kurang lebih dua ratusan ekor begitu juga jenis Rusa yang mendiami taman ini,”katanya.

Ditambahkan, berdasarkan hasil taksiran melalui alat audio visual yang ditempatkan dibeberapa sudut taman nasional dan telah diteliti serta diobservasi pihak balai taman nasional.

TN yang seluas 1050 kilometer persegi yang masuk dalam empat wilayah kabupaten di Sultra ini seperti  Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Bombana, Kabupaten Konawe dan Kabupaten Kolaka Timur tersebut terus mengalami kekurangan jumlah baik akibat perburuan maupun terjadinya kebakaran kawasan hutan.

‘’ Pihaknya berharap agar seluruh komponen masyarakat bisa bersama-sama agar TN Rawa Aopa dapat terus dijaga kelestarian dan kelansungan hidup hewan endemic yang ada dikawasan ini terutama Rusa yang semakin lama semakin berkurang jumlahnya.”pungkasnya.

MAN

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *