Presiden Minta TPAKD Diperluas, Bupati Konsel Respon Begini

155
Bupati Konawe Selatan H Surunuddin Dangga saat mengikuti Rakornas TPKAD 2020 secara virtual melalui video conference di kantornya. (FOTO: AKBAR)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meminta pembentukan tim percepatan akses keuangan daerah (TPAKD) harus segera diperluas hingga berada di seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia. Sebab, perannya dinilai amat penting dalam membangun perekonomian daerah.

“Saya memperoleh laporan telah ada laporan 32 TPAKD di tingkat provinsi dan 165 TPAKD di level kabupaten dan kota. Ini perlu terus ditingkatkan agar dapat menjangkau semua provinsi, dan semua kabupaten dan kota dan mempercepat perluasan akses keuangan dan pembiayaan di daerah,” kata Jokowi dalam Rakornas TPKAD 2020 yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (10/12/2020).

Menurut dia, peningkatan akses keuangan ini, penting, yakni untuk mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di daerah, mendorong keadilan sosial, peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup rakyat banyak.

Rakornas tersebut juga membahas tentang bagaimana TPKAD dan seluruh perbankan terus berkolaborasi mempercepat serapan keuangan, dengan tujuan semua program pembangunan yang sudah direncanakan dapat dilaksanakan dengan baik.

Baca Juga :  PT GMS Hadiahkan Kapal Ambulan dan Asrama Mahasiswa Laonti

Selain itu terdapat empat tujuan utama dari rakornas antara lain pertama membahas tentang pemahaman dan komitmen kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan stakeholder terkait program inklusi keuangan di berbagai daerah.

Bupati Konawe Selatan (Konsel), H Surunuddin Dangga, yang mengikuti rapat virtual tersebut melalui video conference di kantornya, menanggapi positif arahan presiden itu.

” Hal ini (pembentukan TPKAD) perlu disambut positif dan benar-benar serius kita jalankan,” kata Surunuddin.

Keberadaan TPKAD, jelasnya, akan menjadi instrumen penting dalam upaya mengembangkan perekonomian daerah sehingga penting segera direalisasikan.

AKBAR/NURSADAH