Rajiun Positif Corona KPU Terbitkan Surat Keputusan Penundaan Penetapan Calon

103
Ketua KPU Muna, Kubais

BeritaRakyat.id,. Muna – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menerbitkan surat keputusan KPU Muna nomor 246 tentang perubahan ketiga atas keputusan pemilihan KPU Muna nomor 544 tentang pedoman tehnis tahapan program dan jadwal penyelgaraan pemilihan Kabupaten Muna setelah mengetahui salah satu bakal Calon Bupati Muna terkonfirmasi positif Covid 19.

Ketua KPU Muna Kubais mengatakan, dengan adanya salah satu bakal calon Bupati yang terkonfirmasi Covid – 19 pihaknya telah menerbitkan surat keputusan KPU Muna.

Dimana dalam isi surat tersebut melalukan penundaan berkas terhadap bakal Calon atau pasangan calon yang terpapar covid-19

“KPU Muna telah menerbitkan keputusan, komisi pemilihan Kabupaten Muna nomor 246 tentang perubahan ketiga atas keputusan pemilihan KPU Muna,nomor 544 tentang pedoman tehnis tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pimilihan Bupati Muna yang isinya melakukan penundaan terhadap bakal calon yang terpapar positif Corona misalkan karantina mandiri, pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani penetapan calon dan pengundian nomor urut,”ungkapnya melalui sambungan telelpon, Senin, (7/9/2020).

Pedoman teknis ini lanjut dia, akan menjdi rujukan payung hukum KPU Muna dalam melakukan proses pendaftaran maupun penetapan bakal calon yang telah melakukan pendaftaran di KPU Muna.

Baca Juga :  Bertandang ke Sultra, Arsjad Rasjid Minta Doa Restu dan Dukungan Anton Timbang

“Pedoman perubahan teknis itu akan menjadi payung hukum bagi KPU Muna dalam melakukan proses pendaftran sampai dengan proses penetapan dan pengundian bakal calon yang telah melakukan pendaftan di KPU Muna”jelasnya.

Selain itu pihaknya juga telah berkordinasi dengan tim gugus tugas Covid Kabupaten Muna untuk melakukan rapid test kepada seluruh komisioner maupun pegawai lainya.

“Pagi tadi, saya sudah berkordinasi dengan gugus tugas dan telah di berilan jawaban untuk melakukan rapid kepada seluruh pegawai termasuk komisioner sebelumnya KPU maunya selasa besok tapi ternyata pihak gugus tugas memberikan waktu tangal 14,”terangnya.

Kendati demikian, KPU Muna tetap melakukan aktifitas seperti biasanya dengan tetap menataati protokol kesehatan.

“Aktivitas kantor tetap, memang sejak awal kita telah menerapakn protokol pencegahan Covid dan tidak ada satupun staf yang bersentuhan langsung dengan bakal calon yang positif, dan semua dokumenya pada saat di terima itu juga di sterilisasi,”tutupnya

ODEK / HERMAN