Rekomendasi PAN ke Rajiun-La Pili, Pilkada Muna Berpeluang Head to Head

131
Bakal Pasangan Calon Rajiun Tumada bersama La Pili saat tiba di pelabuhan Raha dan mendapat sambutan antusias dari pendukungnnya. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id,.Muna – Partai Amanat Nasional (PAN) menjatuhkan pilihannya kepada bakal pasangan calon (Bapaslon) Rajuin Tumada – La Pili, untuk diusung maju bertarung di Pilkada Muna. Partai berlambang matahari terbit itu, telah menyerahkan rekomendasi resmi dan Formulir B1-KWK kepada pasangan berakronim Rapi itu.

Keluarnya rekomendasi PAN tersebut, membuat Pilkada Muna yang akan dihelat Desember mendatang, berpotensi hanya akan diikuti dua pasangan calon. Kedua bapaslon yang telah mencukupi syarat dukungan partai politik yakni Rajiun – La Pili dan LM Rusman Emba – Bahrun Labuta, dapat dipastikan bertarung head to head.

Saat ini pun, Partai Hanura yang telah merekomendasikan Syarifuddin Udu juga tidak dapat mengusung calon sendiri. Pasalnya, partai ini hanya memiliki lima kursi di DPRD Muna sementara yang disyaratkan adalah minimal enam kursi.

Terkait penyerahan rekomendasi dan formulor B-1 KWK terhadap pasangan Rajiun Tumada – La Pili dibenarkan Ketua Pengembang Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPW PAN Sultra, Sukarman. Katanya, pemberian rekomendasi PAN tersebut karena dinilai masyarakat setempat cenderung mengarahkan dukungannya ke Rajiu – La Pili.

Baca Juga :  Pererat Silaturahmi Antar Warga, Relawan ASR Gelar Pertandingan Kartu Song dan Domino Pres

“Pemilih di Muna itu cenderung ke Pak Rajiun-La Pili, sehingga kita menjatuhkan pilihan di situ,” ungkapnya kepada sejumalh media di Kendari, Senin (31/08/2020).

Sebelumnya, Rajiun sempat menorehkan kesan kurang baik di internal PAN pasca konflik di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 2018 lalu. Namun, menurut Sukarman, pihaknya menganggap hal tersebut bagian dari dinamika politik, yang sudah biasa terjadi di partai politik.

“Pak Rajiun ini sudah lama bersama dengan PAN, meskipun pada saat itu beliau di birokrasi. Tapi pertemanan pak Rajiun dengan PAN sampai saat ini masih terbangun dengan baik. Sehingga, ketika beliau ingin bersama kita (PAN), saya pikir itu bukan hal sulit,” tandas mantan Anggota DPRD Sultra itu.

KARSESMAN/ NURSADAH