Sampah Dibiarkan Tertumpuk di TPI Langara, Warga Keluhkan Bau Menyengat

208
Tumpukan sampah di TPI Langara yang dikeluhkan warga akibat bau busuk. (FOTO : SULASRI)

BeritaRakyat.id, Langara – Sudah sepekan lamanya, sampah dibiarkan tertumpuk di sudut Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Langara Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). Hal ini dikeluhkan warga setempat karena selain menimbulkan kesan kotor juga mengeluarkan bau busuk yang menyengat.

“Kadang kalau siang hari bau sampah tercium sampai ke dalam rumah,” keluh salah satu warga, Kalsum, yang rumahnya tidak jauh dari lokasi TPI tersebut.

Ditemui di kediamannya, Minggu (20/09/2020), Kalsum mengungkapkan, sudah sepekan tak ada petugas kebersihan datang mengangkut sampah di area TPI tersebut. Padahal biasanya, petugas rutin tiga kali seminggu mengangkut sampah menggunakan mobil pic up.

Hal senada diungkapkan salah satu ketua RT setempat, Ikhsan R. Katanya, banyaknya tumpukan sampah ditambah fasilitas pembuangan yang minim, menandakan kurangnya perhatian pemerintah terhadap permasalahan sampah tersebut.

Baca Juga :  Jelang Pencoblosan, KPU Konsel Berduka

“Saya sebagai RT di sini bingung mau berbuat apa. Kami sudah beberapa kali mengadakan pertemuan di Balai Kelurahan Langara Laut untuk membahas bersama terkait persoalan sampah dan jalan keluarnya. Namun, tidak pernah bertemu langsung pihak dinas kebersihan untuk membahas bersama,” aku Ikhsan.

Sementara itu, salah satu petugas pengangkut sampah, Eka, mengaku sudah sepekan tak mengangkut sampah di lokasi TPI tersebut. Ia berdalih tengah memfokuskan pembersihan di Desa Lantula.

“Biasanya kami ditelepon dari pihak perikanan baru kami datang mengangkut,” akunya.

Ia menambahkan, biasanya juga sampah di area TPI tersebut dibakar warga setempat sehingga tidak menumpuk.

“Kami biasanya datang mengangkut sudah sisa-sisa bekas pembakaran,” katanya.

SULASRI/NURSADAH