Satu-Satunya di Sultra, Konsel Terbaik Nasional Cegah Korupsi

41
Menteri PPN Kepala Bappenas RI Suharso Monoarpa (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menjadi satu-satunya daerah di Sulawesi Tenggara yang meraih prestasi prestisius dan dinobatkan sebagai kabupaten terbaik nasional pencegahan korupsi. Penghargaan ini diberikan tim strategi nasional pencegahan korupsi (Stranas PK) yang beranggotakan lima menteri dan Kepala lembaga yaitu pimpinan KPK, menteri dalam negeri, menteri PPN/Bappenas, menteri PANRB dan kepala staf kepresidenan.

Hal itu disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam acara Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) yang berlangsung di Gedung KPK, Rabu (16/12/2020), yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo melalui video konferensi.

Suharso Monoarfa dalam laporannya menyebutkan, setelah menjalankan 11 Stranas PK selama dua tahun, mulai Januari 2019 sampai Desember 2020, ada tiga kementerian, sembilan kabupaten/kota dan dua provinsi se-Indonesia yang memiliki peforma baik dalam aksi dan berkomitmen penuh untuk memberantas korupsi dan pencegahannya.

“Dari 87 kementerian/lembaga dan 542 pemda, KL yang terbaik adalah
kementerian pertanian, kementerian PUPR, kementerian ESDM, sedangkan pemprov yaitu Bali dan Jawa Barat,” ungkap Suharso.

“Untuk di tingkat Pemkab yang terbaik hanya sembilan kabupaten/kota, yakni Kabupaten Konawe Selatan, Banggai, Hulu Sungai Selatan, Pringsewu, Karawang, Kuningan, Muko Muko, Kota Singkawang dan Kota Bontang,” sebutnya lagi.

Kata Suharso, ada beberapa strategi yang telah tercapai dan dilaksanakan kementerian, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten terbaik tersebut, di antaranya pelayanan berbasis online melalui portal online single submission (OSS), terbentuknya basis data beneficial ownership (BO) pada portal AHU.

Baca Juga :  Izin Amdal Terancam Dicabut, DLH Sultra Sarankan PT GMS Bangun Sediment Pond

“Adapun jumlah BUMN yang menerapkan Sistem Management Anti Penyuapan meningkat menjadi lebih dari 75% dari sekitar 110 BUMN yang ada, dan masih banyak lagi,” bebernya.

Dijelaskannya, pelaksanaan Stranas PK tetap menekankan pada prinsip fokus dan terukur.

“Di mana Stranas PK 2021- 2022 akan tetap fokus pada tiga isu utama yaitu perizinan dan tata miaga, keuangan negara serta reformasi birokrasi dan penegakan hukum,” tandasnya.

Diketahui, Desember 2020 sepertinya bulan penuh berkah bagi Pemerintah Kabupaten Konsel di bawah kepemimpinan Surunuddin Dangga ST MM bersama wakilnya Dr Arsalim Arifin SE MSi, yang menerima rentetan penghargaan baik di tingkat lokal maupun nasional.

Dalam tenggang waktu tiga hari dan hanya terpaut sehari saja, secara berturut-berturut Konsel menerima penghargaan. Sebut saja kabupaten peduli HAM dari Menkumham, dan meraih Dilan Award Kategori Kepala Daerah dari OJK Perwakilan Sultra

AKBAR/NURSADAH