Sejumlah Desa di Kolaka Utara Terendam Banjir,  Warga Diimbau Mengungsi

90
Seorang anggota polisi nampak menenteng alat pengeras suara mengimbau warga untuk mengungsi. (FOTO: IST)

BeritaRakyat.id, Kolaka Utara – Luapan Sungai Batu Ganda akibat hujan deras, Kamis (17/12/2020), membuat sejumlah desa di Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) kini terendam banjir.

Peristiwa banjir yang terjadi sekira pukul 21.00 WITa ini sontak mengagetkan warga setempat hingga berhamburan keluar rumah. Beberapa di antaranya juga berupaya menyelamatkan harta bendanya masing-masing.

Informasi yag berhasil dihimpun BeritaRakyat.id, ada enam desa yang terdampak banjir luapan sungai itu, namun yang terparah yakni Desa Batu Ganda, Pitulua, Rante Limbong, dan Tojabi. Dua desa lainnya yang juga terendam adalah Desa Patuwowonua dan Kelurahan Lasusua.

Kasubbag Humas Polres Kolut AIPDA Hari Hermawan membenarkan kejadian tersebut. Katanya, mengetahui kejadian itu pihaknya langsung turun lapangan untuk membantu menyelamatkan warga agar tidak terjadi korban.

Baca Juga :  26 Februari Tiga Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Dilantik Gubernur

“Desa yang terendam semua ada di Kecamatan Lasusua,” aku Hari, saat dikonfirmasi.

Sementara itu, meski debit air sudah mulai menurun, warga setempat diimbau petugas kepolisian untuk mengungsi.

“Disampaikan kepada seluruh masyarakat untuk mencari tempat yang lebih tinggi. Jangan mendekati sungai,” imbau seorang anggota polisi dengan menggunakan pengeras suara dalam rekaman video yang diterima media ini.

Mengetahui kejadian itu, Bupati Kolut Nur Taman Umar dikabarkan langsung berupaya mendatangkan perahu karet yang menjadi satu-satunya akses yang bisa  digunakan menuju ke lokasi banjir tersebut.

RIJAL/NURSADAH