Sejumlah Nelayan Menerima Bantuan Mesin Perahu Berbahan Bakar Gas dari Pusat

15
Direktur Jenderal Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM RI Alimuddin Baso saat memberikan secara simbolis bantuan mesin perahu berbahan bakar gas (BBG) kepada nelayan (FOTO : YUSRI)

BeritaRakyat.id, Kolaka – Nelayan yang ada di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) memperoleh bantuan mesin perahu berbahan bakar gas (BBG) dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berupa bantuan program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Mangolo Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka, Sabtu (21/11/2020).

Mesin perahu jenis BBG dinilai lebih hemat 50 persen dibanding mesin perahu yang masih menggunakan BBM jenis solar. Mesin tersebut diberikan khusus nelayan yang dalam kesehariannya melakukan penangkapan ikan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Direktur Jenderal Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM RI Alimuddin Baso mengatakan penyerahan bantuan tersebut merupakan salah satu program yang diamanatkan pada peraturan Presiden Nomor 38 tahun 2019.

Bantuan tersebut kata Alimuddin, diserahkan secara cuma-cuma untuk nelayan kecil, supaya para nelayan yang kesehariannya mengandalkan perahu sebagai penopang hidup bisa lebih menghemat bahan bakar.

”Kita menyerahkan bantuan ini secara cuma-cuma terhadap nelayan kecil. Dan ini merupakan bantuan pertama di Kolaka yang kami serahkan. Rencananya tahun depan akan ada lagi bantuan mesin perahu konversi BBG di Kolaka,” kata Alimuddin Baso.

Baca Juga :  Tony Herbiansyah - Baharuddin Tiba Lebih Awal di Lokasi Pencabutan Nomor Urut

Setidaknya ada sekitar 374 mesin konversi bahan bakar gas yang diserahkan ke nelayan Kolaka. Untuk itu, dirjen berharap, bantuan mesin konversi BBG yang diserahkan kepada nelayan dapat digunakan sebagai alat produksi dengan baik.

Dirjen juga meminta pada nelayan untuk tidak menjual bantuan yang telah diberikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka.

Dalam acara serahterima bantuan tersebut, turut hadir anggota Komisi VII DPR RI H Rusda Mahmud, Dirjen Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM RI Alimuddin Baso, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kolaka Mustajab, Camat Latambaga, Lurah Mangolo dan serta para undangan.

YUSRI