Tak Netral Jelang Pilkada, ASN Konsel Siap-siap Disanksi

299
Plt Bupati Konsel Dr Arsalim Arifin (FOTO : AKBAR)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Jelang pemungutan suara Pilkada 9 Desember 2020, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Konsel DR Arsalim Arifin kembali menegaskan agar seluruh aparatur sipil negara (ASN) tetap menjaga netralitas.

“Saya kembali mengingatkan bahwa seluruh ASN, baik itu staf maupun yang memiliki jabatan di seluruh tingkatan hingga pejabat eselon II agar untuk tetap menjaga netralitas di Pilkada Konsel. Itu saya sampaikan setiap saat, termasuk jelang pencoblosan pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang,” ujar Arsalim kepada sejumlah wartawan di Rumah Jabatan Wakil Bupati Konsel, Selasa (24/11/2020).

Menurut Arsalim, ketegasan ini disampaikan dengan adanya laporan bahwa sejumlah ASN di Pilkada Konsel diduga ada keberpihakan kepada pasangan calon yang ikut dalam kontestasi Pilkada. Bila ada yang terbukti maka konsekuensinya siap-siap dikenakan sanksi.

“Jika ada temuan dan laporan, saya selaku Plt tidak akan segan untuk merekomendasikan kepada Komisi ASN, termasuk di Bawaslu agar diproses sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Baca Juga :  Putri Ketua Kadin Sultra, Vania Nathania Eliza Harumkan SDN 84 Kendari

Mantan Kepala Bappeda Konsel itu mengaku, jelang pencoblosan, ia juga telah memerintahkan kepada seluruh camat, Kepala Desa dan lurah untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar menjaga kondusifitas wilayah masing-masing sehingga Pilkada dapat berjalan lancar, aman dan tertib.

“Kepada masyarakat Konsel juga telah diimbau, kiranya untuk dapat menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing. Soal perbedaan dukungan merupakan hal yang biasa. Jangan jadikan perbedaan dukungan sebagai bagian dari bibit konflik yang akan mengarah ketidakhamonisasian di daerah masing-masing. Mari kira jaga Konsel menjadi daerah yang teraman. Siapa pun yang terpilih nanti, itulah kehendak rakyat dan untuk didukung,” tandasnya.

AKBAR/NURSADAH