Tangani Covid-19, Pemkab Kolaka Maksimalkan Upaya Tracking

22
Bupati Kolaka H Ahmad Safei saat mendampingi Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) Mustaba meninjau Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja di Kelurahan Induha Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka. (FOTO: YUSRI)

BeritaRakyat.id, Kolaka – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Sulawesi Tenggara terus berkomitmen memaksimalkan upaya penanganan Covid-19 di berbagai sektor. Upaya tracking (pelacakan) dalam mendeteksi sebaran virus berbahaya ini juga terus dimaksimalkan.

“Banyak atau tidaknya ditemukan terkonfirmasi positif bukan ukuran. Itu terpulang apa yang kita lakukan, tracking kita luar biasa hingga saat ini,” terang Bupati Kolaka Ahmad Safei kepada wartawan, Selasa (03/11/2020), usai melakukan serah terima pengelolaan tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah di Kelurahan Induha Kecamatan Latambaga.

Dia mengatakan, saat ini saja sejumlah 30 ribu alat rapid test sudah digunakan dalam melakukan penanganan Covid-19. Bahkan Pemda Kolaka akan menambah lagi alat tracking tersebut.

“Saat ini Pemda Kolaka sudah menyiapkan sekira 30 ribu rapid test dan kita akan beli lagi,” jelasnya.

Dia juga mengaku mengapresiasi kesigapan tim kesehatan Pemkab Kolaka dalam mengupayakan penanganan Covid-19 yang lebih maksimal.

Baca Juga :  Abdullah : Jika Dipercaya, Saya akan Mengutamakan Menjalin Kemitraan dengan Semua Unsur Golongan

“Alhamdulillah teman-teman dari kesehatan cukup sigap, walaupun kita juga sangat menyesalkan ada petugas kesehatan jadi korban, tapi itu sudah kehendak Tuhan,” paparnya.

Lebih lanjut, Bupati Kolaka dua periode ini memaparkan, dalam waktu tidak lama lagi, pihaknya akan menyediakan alat swab tes di Rumah Sakit Benyamin Guluh (RSBG) Kolaka.

Terkait perekonomian masyarakat Kolaka selama pandemi Covid-19, Safei mengakuinya masih terlihat normal.

“Memang pasti ada terdampak dari Covid-19, namun dinamika tidak terlalu besar, tetapi kita tetap waspada,” tutupnya.

YUSRI/NURSADAH