Terminal Tipe B Sanggisanggi Bakal Difungsikan, Dishub Konsel Lakukan Pembenahan

126
Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishub Konsel Saifuddin Suhri (kedua dari kanan) saat mengikuti rapat koordinasi di Dishub Sultra. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Pembangunan Terminal Tipe B Sanggisanggi Konawe Selatan (Konsel) dalam waktu dekat bakal difungsikan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara. Terminal ini bakal dijadikan tempat transit penumpang tujuan Kendari – Bombana.

Kepala Dishub Konsel Amran Aras melalui Kepala Bidang Perhubungan Darat, Saifudin Suhri mengungkapkan, sebelum difungsikan, saat ini pihaknya tengah membenahi terminal tersebut.

“Kami dari Dishub Konsel tinggal melakukan pembenahan, termasuk akan melakukan pendataan akan kendaraan angkutan umum yang ada di Konsel, termasuk dari Bombana yang akan melakukan transit di terminal tipe B di Sanggisanggi,” kata Saifudin.

Selain pendataan kendaraan angkutan umum, Dishub Konsel juga akan melakukan kesiapan petugas yang akan mengatur tempat transitnya penumpang di terminal dengan memberlakukan setiap kendaraan tujuan Kendari dan Bombana wajib untuk menurunkan dan menaikkan penumpang di terminal itu. Termasuk semua trayek yang melintas di wilayah Konsel wajib masuk di terminal tipe B, selanjutnya ada kendaraan yang akan mengantar penumpang ke tujuan akhir sesuai perda nomor 9 tahun 2011 tentang trayek Kabupaten Konsel.

Baca Juga :  Berkunjung di DPRD Konsel, Ini Giat Anggota DPRD Baubau

Saat difungsikan nanti, lanjut Saifudin, maka Terminal Sanggisanggi akan menjadi tempat transit pertama untuk penumpang Kendari – Bombana yang melintasi wilayah Konsel. Selain itu, juga akan membuka lapangan kerja baru bagi warga sekitar, minimal pedagang kaki lima.

“Dengan akan difungsikannya terminal sebagai tempat naik dan turunnya penumpang sesuai UU nomor 22 tentang lalu lintas angkutan jalan. Kami dari Dishub Konsel akan segera menyiapkannya, dengan harapan paling lambat di awal tahun 2021, terminal Tipe B di Sanggisanggi sudah bisa berfungsi,” tandasnya.

AKBAR/NURSADAH