Tim SAR Muna Lakukan Observasi Untuk Pencarian Korban

1505
Tim SAR Muna Bersama Pol Airud Saat Melakukan observasi sebelum melakukan pencarian korban yang diduga dimangsa buaya.(FOTO : BURHAN ODE)

BeritaRakyat.id, Muna – Korban yang diduga diterkam buaya saat hendak menangkap itik di muara sungai di Desa Labulu Bulu Kecamatan Parigi, Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kini dalam penanganan untuk pencarian oleh tim SAR Muna, Senin, (28/02/2022).

Pencarian korban atas nama Faisal (17) oleh tim SAR, setelah mendapatkan laporan masyarakat, termasuk dipihak kepolisian setempat. Setelah memastikan untuk kemudian dilaporkan di Kendari dan mendapat perintah untuk melakukan pencarian korban di lokasi. Tepat pukul 15.44 WITA tim Rescue Unit Siaga SAR Muna langsung bergerak dan melakukan observasi dan menentukan waktu pencarian.

“Setelah Kami menerima informasi dari masyarakat sekitar pukul 15:25 Wita, langsung kami bergerak untuk melakukan observasi dan pengenalan tempat kejadian untuk selanjutnya dilakukan pencarian terhadap korban yang diduga diterkam buaya.”ujar Asep selaku Ketua kordinator pos unit siagar SAR Muna kepada media ini, Senin (28/02/2022).

Untuk rencana pencarian korban di muara sungai Desa Labulu Bulu, Tim SAR bersama Pol Airud pangkalan Muna.

“Kita observasi saja dulu, pengenalan lokasi dan tempat dimana kita lakukan pencarian dan pertolongan, mungkin setelah ini saya laporan ke kendari. Nanti kendari yang tentukan apakah malam ini kita lakukan pencarian atau kita menunggu besok pagi sambil menyiapkan peralatan untuk rencana pencarian besok.”akunya.

Kata dia, malam ini hanya menyusun rencana apa saja yang akan di lakukan, pola seperti apa, terus berapa tim yang akan bergerak akan dirembuka dengan masyarakat desa Labulu Bulu

Baca Juga :  Perluas Akses Keuangan dan Peningkatan Ekonomi, Pemkab Konsel Bentuk TPAKD

“Berhubung kondisinya sudah malam sibilitinya juga kita terbatas, aktifitasnya juga kita terbatas meskipun kita menggunakan senter tapi keselamatan tim yang kita utamakan.”katanya.

Diketahui sebelumnya, Faisal (18) warga Desa Labulu-bulu kecamatan Parigi Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra) diduga dimangsa buaya saat setelah hendak mengambil bebek di bawah pohon bakau yang dilepas umat Hindu sebagai sesajian usai melaksanakan ibadah sekitar pukul 10:40 Wita Senin (28/02/2022)

Menurut saksi mata, Handoko (36) menjelaskan bahwa ia bersama lima orang temannya yakni Laode isa, Abas, La idul, Mansur dan Faisal (korban) awalnya hendak mengambil bebek di akar pohon bakau untuk dibakar

“Awalnya mau ambil bebek untuk dibakar.” katanya

Sebelum turun di dalam air lanjut dia, ia sempat melarang korban agar tidak melanjutkan niatnya sebab kata dia sudah melihat buaya muncul di permukaan air

Namun Faisal (korban) tetap ngotot mengambil bebek di akar pohon bakau dan berpesan agar dibantu kalau terjadi sesuatu

“saya bilang jangan Faisal ada buaya, tapi dia malah bilang nanti ko bantu saya.” tandasnya

BURHAN ODE