Tingkatkan Imum Tubuh, Warga Kendari Diimbau Tanam Sayur di Pekarangan Rumah

64
Ketua Tim PKK Kota Kendari Hj Sri Lestari bersama kadis Pertanian dan Kepala UPTD Puskesmas Puuwatu saat meresmikan dan memanen hasil tanaman parenting gizi. (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id, Kendari – Selama masa pandemi Covid-19 ini, berbagai kegiatan penting dilakukan agar imunitas tubuh tetap terjaga. Salah satunya dengan melakukan aktivitas fisik seperti menanam sayur di pekarangan rumah.

Cara itu juga didukung Ketua Tim Pengerak (TP) PKK Kota Kendari Sulawesi Tenggara, Hj Sri Lestari. Ia pun meminta agar warganya melakukan aktivitas menanam sayur di halaman rumah untuk meningkatkan imun tubuh.

“Dengan memanfaatkan pekarangan yang ada, ini juga bersinergi dengan program PKK pokja tiga, sandang, pangan salah satunya pemanfaatkan pekarangan. Ini salah satu dukungan ketahan pangan hususnya di Kota Kendari dan juga memberi dampak untuk meningkatkan imun di masa pandemi seperti sekarang ini,” ucap Sri Lestari, saat membuka pertemuan lintas sektor sekaligus launching tanaman parenting gizi di UPTD Puskesmas Puuwatu, Senin (05/10/2020).

Kegiatan menanam sayur di pekarangan ini juga, lanjutnya, paling tidak  dapat membantu warga dalam memenuhi kebutuhan pangan dan tentu dapat meningkatkan kualitas gizi keluarga.

Baca Juga :  Lagi, ASR dan Gerindra Bantu Pendanaan Kepada Bocah Penderita Hydrocepalus

“Kami di TP PKK sendiri sangat getol mensosialiasikan tentang pemanfaatan pekarangan, apalagi di Kota Kendari ini potensinya cukup besar,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga berharap agar taman parenting gizi yang dibentuk UPTD Puskesmas Puuwatu tersebut juga bisa ditiru puskesmas lainnya, serta mendapat dukungan dari pemerintah setempat.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Puuwatu,  dr Patma Ayunita mengatakan, tamanaman parenting gizi yang dibentuknya tersebut merupakan bagian dari inovasi bersama di kantornya.

“Ini merupakan bagian dari inovasi kami, yaitu rumah cegah sempling ini akan terintegrasi di mana di dalamnya akan diberikan pelayanan pencegahan sempling tanaman parenting gizi, kita akan memberi contoh tamanan yang bisa meningkatkan  status gizi,” tandasnya.

ODEK/NURSADAH