Tingkatkan Kualitas Seleksi CPNS, Pemprov Terima Penghargaan dari BKN

29
Gubernur Sultra Ali Mazi (kanan) saat menerima piagam pemghargaan dari BAKN atas prestasinya meningkan kinerja ASN di Sultra. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Kendari – Kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara melaksanakan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) berbasis computer assisted test (CAT), diapresiasi pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Apresiasi itu pun diwujudkan BKN dengan memberikan penghargaan kepala Pemprov Sultra. Gubernur Sultra Ali Mazi telah menerima penghargaan tersebut, Jumat (13/11/2020), yang diserahkan langsung Kepala BKN Kantor Regional (Kanreg) lV Makassar, Harun Arsyad.

Ali Mazi mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi positif pemerintah pusat atas langkah-langkah yang ditempuh Pemprov Sultra demi meningkatkan kualitas seleksi CPNS.

“Seleksi berbasis CAT merupakan perwujudan upaya menciptakan proses seleksi yang transparan dan bebas dari KKN Pada giliranya akan melahirkan ASN yang berkualitas yang benar-benar lurus karena kompetensi dan kemampuannya,” kata Ali Mazi.

Dijelaskan, pada penerimaan CPNS 2019, Pemprov Sultra hanya menyediakan 62 formasi. Saat tes SKD yang dilaksanakan Februari lalu sebanyak 789 orang yang dinyatakan lulus berdasarkan ketentuan. Hanya peringkat pertama sampai ketiga yang berhak mengikuti proses selanjutnya.

Baca Juga :  KNPI Minta PPNSĀ  Tersangkakan Semua Pelaku Usaha Yang Langgar Tata Ruang di Kendari

“Setelah dilakukan perangkingan, peserta yang bisa mengukuti SKB hanya 168 orang kemudian yang dinyatakan lulus hanya 59 orang,” sebutnya.

Saat ini PNS yang dinyatakan lulus sedang menjalani proses pemberkasan yang berlangsung 12-16 November. Nantinya berkas tersebut akan dibawa ke BKN Kanreg IV Makassar yang akan memproses keluarnya nomor induk pegawai (NIP).

Rencananya, 1 Desember mendatang NIP dari 59 CPNS yang dinyatakan lulus itu sudah ditetapkan.

ODEK/NURSADAH