Utamakan Kesetaraan Gender, Pemda Kolaka Komitmen Libatkan Perempuan di Setiap Program

18
Suasana ke kegiatan forum advokasi dan fasilitas pengarusutamaan gender (PUG) bagi perempuan Kabupaten Kolaka (FOTO: YUSRI)

BeritaRakyat.id, Kolaka – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Sulawesi Tenggara terus berupaya membangun kerjasama pengarusutamaan gender. Di setiap program pemerintah pun, perempuan selalu dilibatkan.

“Pelaksanaan seluruh kegiatan, mulai dari perencanaan sampai evaluasi semua perempuan dilibatkan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kolaka Drs H Poitu Murtopo, MSi, Selasa (13/10/2020), saat membuka forum advokasi dan fasilitas pengarusutamaan gender (PUG) bagi perempuan Kabupaten Kolaka.

Dijelaskan, pelibatan perempuan dalam setiap program Pemkab Kolaka sebagai bukti kesetaraan gender. Dengan demikian, tidak ada lagi skat-skat yang membuat kaum perempuan merasa terabaikan.

“Jangan ada lagi skat-skat dan perda sudah mengakomodir persoalan ini,” ucapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kolaka Hj Andi Wahidah dalam kesempatan itu juga menjelaskan, ada beberapa problematika perempuan saat ini yang terjadi di Indonesia khususnya Kabupaten Kolaka. Mulai dari masalah kemiskinan, pendidikan dan ikutsertaan saat pengambilan suatu keputusan.

Baca Juga :  Nonton Formula E di Sirkuit Ancol, AHY Disambut Akrab Anies Baswedan

“Kegiatan ini (forum advokasi dan fasilitas PUG) terlaksana agar kita memahami tentang gender dan kemampuan perempuan, Agenda ini termaksud rutin, serta kami mengharapkan kepada OPD yang terkait untuk senantiasa menganggarkan kegiatan mengenai gender,” jelasnya.

YUSRI/NURSADAH