Wali Kota Kendari Kukuhkan Forum Kota Sehat

36
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir saat menyerahkan plakat penghargaan sebagai kota sehat kepada salah satu pejabat Pemkot. (FOTO : ODEK)

BeritaRajyat.id, Kendari – Wali Kota Kendari Sulawesi Tenggara, H Sulkarnain Kadir, mengahadiriĀ  pengukuhan Forum Kota SehatĀ  2020 yang dirangkaikan dengan pembacaan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) Kota Kendari, Selasa (06/10/2020).

Dalam sambutanya, Sulkanain mengatakan, sejak 10 tahun lalu Kota Kendari sudah masuk dalam kategori kota sehat.

“Tentu melalui proses yang panjang kita mendapatkan Predikat Kota Sehat dengan level 1. Kemudian berturut-turut 2 kali mendapatkan level menengah, dan terakhir sejak 2017-2019 mencapai level tertinggi dari kota-kota yang ada di Indonesia,” ucap Sulkarnain dalam kegiatan yabg digelar di Hotel Claro itu.

Selain itu dengan berlangsungnya deklarasi ODF, Kota Kendari juga telah mencapai pelayanan akses pelayanan sanitasi hingga 100 persen.

Baca Juga :  Amankan Shalat Tarawih, Polsek Kolaka Kerahkan Babinkatibmas Disetiap Masjid

“Alhamdulillah 15 Agustus yang lalu kita sudah melaporkan pada Kemeterian kesehatan bahwa Kota Kendari secara keseluruhan, sudah terakses sanitasi dan bisa dinyatakan sebagai kota yang bebas dari aktivitas buang air sembarangan. Kita berharap ini bisa secara bertahap dituntaskan agar masyarakat memiliki sanitasi mandiri,” jelasnya.

Ia pun memberikan apresiasi kepada semua pihak yang ikut terlibat, serta mengingatkan kepada seluruh camat dan lurah agar terus melakukan pengawasan serta koordinasi demi meningkatkan program Kotaku Sehat.

ODEK/NURSADAH