Wamen LHK Minta Warga Sekitar Terlibat Lestarikan TN-RAW

49
Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Drs Alue Dohong Msc Phd (tengah) didampingi Plt Bupati Konsel Arsalim Arifin saat berkunjung di balai Taman Nasional Rawa Aopa. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Drs Alue Dohong Msc Phd, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara, Jumat (13/11/2020). Tepatnya di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TN-RAW).

Di sela-sela kunjungannya, Alue langsung mengunjungi lokasi edukasi berupa tempat pengembangbiakan atau breeding insitu Rusa Timor sekaligus meninjau kondisi hutan mangrove dengan menggunakan perahu bermesin. Ia pun mengungkapkan kekagumannya dengan TN-RAW.

“Ini unik dan ada perbedaan dengan taman nasional di daerah lain. Bagian dari kekayaan bangsa yang wajib kita jaga dan lestarikan bersama,” kesan Alue.

Melihat potensi yang ada, ia berharap agar TN-RAW dikelola dengan baik untuk menarik kunjungan para wisatawan.

Dalam pengelolaan taman, lanjutnya, warga setempat yang bermukim di sekitar area taman, perlu untuk dirangkul agar terlibat melestarikan taman melalui program kemitraan konservasi.

Baca Juga :  Sepakat Berdamai, Agustina Dan Umar Bonte bakal Cabut Laporan di Polisi

“TN-RAW memiliki potensi wisata yang besar, dengan keanekaragaman dan keunikannya tentu menarik wisatawan, jadi masyarakat bisa berpenghasilan dari ekowisata ini sekaligus bertanggung jawab menjaganya,” imbuh Alue.

Sementara itu, Plt Bupati Konsel Dr Arsalim Arifin yang ikut mendampingi Wamen mengaku bahwa sinergi sejumlah pihak terlah terjalin selama ini untuk pelestarian TN-RAW. Dampaknya signifikan terhadap pelestarian ekosistem taman, juga peningkatan ekonomi masyarakat sekitarnya.

“Terima kasih dukungan Kementerian LHK, kerjasama dalam menjaga taman seluas 105.194 Hektare (Ha) yang masuk ke dalam 15 kecamatan di 4 Kabupaten ini, benar berdampak nyata bagi pelestarian ekosistem dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata mantan Kepala Bappeda Konsel ini.

AKBAR/NURSADAH