Warga Ulunggolaka Kolaka Dilatih Hadapi Bencana

58
Kadis Sosial Kolaka Akbar (FOTO: YUSRI)

BeritaRakyat.id, Kolaka – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara, baru-baru ini memberi pelatihan kepada 40 warga di Kelurahan Ulunggolaka Kecamatan Latambaga.

“Kita memberikan pemahaman kepada warga tentang bagaimana dan apa yang harus dilakukan bila terjadi bencana alam, baik itu tanda akan terjadinya bencana alam dan menolong warga yang terkena bencana,” kata Kepala Dinsos Kolaka, Akbar, saat ditemui, Senin (05/10/2020).

Dikatakan, pelatihan yang menghadirkan pemateri dari Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sultra ini sengaja diadakan untuk warga Ulunggolaka. Pasalnya di kelurahan itu, merupakan wilayah rawan dan langganan terjadinya bencana mulai banjir hingga tanah longsor.

“Sebenarnya Dinsos Kabupaten Kolaka sangat menginginkan semua kecamatan di Kabupaten Kolaka memiliki desa tangguh terhadap bencana, karena dari pemetaan Kolaka ini memang rawan akan bencana baik itu banjir, angin puting beliung, air rob, tanah longsor dan lainnya. Hanya saja memang karena anggaran terbatas tahun 2020 dan ini baru kita laksanakan di Kelurahan Ulunggolaka,” paparnya.

Baca Juga :  Putri Ketua Kadin Sultra, Vania Nathania Eliza Harumkan SDN 84 Kendari

Ditambahkan, mengingat bencana bisa datang kapan saja maka warga juga harus mengetahui mengenai cara penanganannya. Minimal melakukan hal-hal positif untuk meminimalisir terjadinya korban jiwa.

“Langkah terbaik bisa dilakukan oleh masyarakat dalam bencana, di antaranya mengutamakan penyelamatan keluarga,” tandasnya.

YUSRI/NURSADAH