Wujudkan Visi, Pemda Konsel Gelar Forum Penyempurnaan Rancangan Awal RPJMD

Sekretaris Bappeda Konsel Asrudin saat memimpin kegiatan konsultasi publik RPJMD di Kantor Bappeda. (FOTO: AKBAR)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan forum jonsultasi publik rancangan awal rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2021 – 2026.

Acara dilaksanakan di Aula pertemuan kantor Bappeda Konsel secara luring dan daring, Rabu (04/07/2021), dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Forum tersebut bertujuan untuk memperoleh masukan penyempurnaan rancangan awal RPJMD. Kegiatan yang diikuti 40 peserta ini terdiri dari akademisi, Kepala OPD, BPS, Tim Percepatan Pembangunan, Tokoh Masyarakat dan Insan Pers.

Dalam sambutannya, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga yang di bacakan Sekretaris Dinas Bappeda Konsel Asruddin A Mangidi menyampaikan bahwa dalam kegiatan iniĀ  para peserta forum memberikan gagasan, saran dan masukan konstruktifnya, guna penyempurnaan rancangan awal RPJMD Kabupaten Konsel 2021 – 2026.

“Sesuai visi menuju Konsel sejahtera, unggul dan amanah berbasis perdesaan,” kata Asruddin.

Dikatakannya, untuk mewujudkan visi tersebut, dirumuskan beberapa misi yaitu melanjutkan pembangunan sumber daya manusia, penguatan dan pengembangan basis perekonomian Konsel yang inklusif dan berkelanjutan, penguatan tata kelola keuangan daerah, dan pengembangan infrastruktur dasar dan wilayah untuk menopang konektivitas.

“Visi misi yang kita rumuskan menunjukkan semangat keberlanjutan dengan berdasarkan pada capaian kinerja pemda periode 2016 – 2021 dan tantangan pembangunan Kabupaten Konsel untuk lima tahun ke depan,” ucapnya

Selain itu, lanjutnya, dengan melihat kompleksitas dan peranan RPJMD yang sangat penting, maka proses penyusunan RPJMD harus dilakukan secara profesional dengan melibatkan semua perangkat daerah instansi vertikal, ormas, tenaga ahli perguruan tinggi.

“Untuk itu, saran, kritikan, sinergitas dan kolaborasi sangat kita butuhkan demi kesempurnaan dokumen RPJMD yang akan dihasilkan,” tutupnya.

Sementara dalam laporannya selaku panitia pelaksana, Kabid Pemerintahan Bappeda Konsel Dr Deni mengatakan, forum konsultasi merupakan rangkaian atau tahapan dalam penyusunan RJPMD berdasarkan Permendagri nomor 86 tahun 2017.

” Untuk narasumber tenaga ahli dari Universitas Halu Oleo dan Universitas Muhammadiyah, Kepala BPS dan Kepala BPKAD Konsel,” terangnya.

Reporter: Akbar
Editor: Nursadah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *