Asisten I Setda Kolaka Imbau Semua Pihak Berperan Minimalisir KDRT

32
Asisten I H Muh Bakri saat memberikan sambutan di Pelatihan dan Pembentukan Kader PKDRT di aula SMS Berjaya Kabupaten Kolaka (FOTO : YUSRI)

BeritaRakyat.id, Kolaka – Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Sulawesi Tenggara melakukan berbagai upaya untuk menghapus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Salah satunya dengan membentuk dan melatih kader penghapusan kekerasan dalam rumah tangga (PKDRT).

Pembentukan dan pelatihan kader yang digagas Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kolaka ini digelar mulai, Selasa (10/11/2020).

Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kolaka H Muh Bakri yang mewakili bupati membuka kegiatan tersebut mengatakan, KDRT yang kerap ditemui di lingkungan masyarakat perlu mendapat perhatian bersama. Ia kemudian mengimbau agar semua pihak ikut berperan meminimalisir tindakan melanggar hukum itu.

“Kita bertujuan agar semua pihak utamanya yang menjadi peserta aktif pada kegiatan ini dapat berperan dalam meminimalisir KDRT di tempat masing-masing,” ujar Bakri.

Terhadap kader PKDRT, Bakri pun berharap agar dapat menjadi mediator apabila terjadi KDRT.

Baca Juga :  Dirjen Bea dan Cukai Wilayah Sulawesi Bagian Selatan Kunjungi VDNI

“Dengan demikian, masyarakat dapat lebih mampu menerapkan ketahanan pondasi keluarga untuk mengembangkan nilai-nilai kasih sayang dalam membentuk sebuah keluarga yang rukun dan harmonis,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bakri juga memberikan apresiasi terhadap Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kolaka yang masih berupaya membentuk dan melatih kader PKDRT itu, meskipun dalam situasi pandemi Covid 19.

Diketahui, kegiatan yang digelar di ruang rapat SMS Berjaya Kantor Bupati Kolaka ini, dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan hingga desa/kelurahan se-Kolaka, serta sejumlah tokoh masyarakat, agama dan adat setempat.

YUSRI/NURSADAH