Majukan Pendidikan, UHO Jajal Kerja Sama Universitas Teknologi Malaysia

Rektor UHO Prof DR Zamrun Firihu saat memberikan keterangan pers. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Kendari – Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Profesor DR Zamrun Firihu diperiode keduanya bertekad majukan pendidikan di perguruan tinggi yang dinahkodainya. Untuk mewujudkan itu, orang nomor satu diperguruan tinggi di Sulawesi Tenggara ini menjajal kerja sama dengan sejumlah Universitas di dunia, termasuk University Teknologi Malaysia (UTM)

Untuk kerja sama tersebut UHO dan UTM melakukan penadatangan Memonrandum of Understanding (MoU) yang digelar di Pahang Malaysia, Senin 27 September 2021 lalu.

“Intinya itu kita bersama-sama komitmen memajukan pendidikan. Kita sekarang tidak boleh besar sendiri dan harus besar bersama dengan yang lain,” kata Prof. Muhammad Zamrun Firihu, Senin (11/10/ 2021).

Sebelum ada MoU, kata Zamrun, terlebih dulu UHO menjajaki universitas melalui seminar untuk berdiskusi dan kemudian ditindaklanjuti.

“Sebelum MoU itu, kita seminar dan diskusi bersama. Setelah itu kita tindaklanjuti dengan MoU,” jelasnya.

“Dalam MoU itu kita melihat keunggulan dan kelemahan masing-masing. Kita bersepakat saling menutupi kekurangan dan memajukan keunggulan itu,” sambungnya.

Rektor UHO 2 periode ini mengatakan, kerja sama dengan salah satu kampus terbaik di Malaysia meliputi pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, penelitian, publikasi, sepurvisi bersama, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia.

“Melalui program-program ini. Kita harapkan nantinya dapat semakin meningkatkan kualitas pendidikan di UHO,” ucapnya.

Menurut Zamrub, salah satu ketertarikan UTM Pahang bekerja sama dengan itu terkait Pendidikan Kemaritiman yang diterapkan UHO. Sultra ini 74 persen air dan UHO punya Fakultas Perikanan.

“Salah satunya mereka tertarik dengan itu. Sehingga kita bisa kembangkan bersama-sama. Penilitian kita di UHO itu memiliki
pola bagaimana pengembangan wilayah pedesaan dan pulau-pulau kecil,” tutupnya.

MAN

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *