Pemdes Andoolo Gelar Musrenbangdes, BLT Lebih Diprioritaskan

40
Suasana Murebangdes Andoolo dalam rangka penetapan rencana kegiatan Desa Andoolo 2021. (FOTO: AKBAR)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Pemerintah Desa Andoolo Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar musyawarah rencana pembangunan desa (musrenbangdes), Kamis (07/01/2021), guna penetapan rencana kegiatan pemerintahan desa (RKPDes) setempat.

Camat Andoolo Makmur Silondae yang hadir langsung dalam musrenbangdes di Balai Desa Andoolo itu menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini, diharapkan partisipasi masyarakat untuk memberikan usulan yang bermanfaat bagi pembangunan desa.

“Perencanaan pembangunan desa harus betul-betul kita teliti, serta bagaimana cara memanfaatkan sehingga tujuan pembangunan tersebut dapat tercapai dengan baik,” kata Makmur.

Kepala Desa Andoolo Zainal Silondae menyampaikan, ada 17 jenis usulan masyarakat yang disampaikan melalui kepala dusun di antaranya bantuan langsung tunai (BLT), penanganan Covid-19, lanjutan pembangunan sarana olahraga dan pekerjaan fisik lainnya.

Dijelaskan, di 2021 ini pembagian BLT akan menjadi program perioritas dan berdasarkan surat menteri desa, penerima manfaat akan diverifikasi ulang dan akan ditujukan kepada warga yang betul-betul tidak mempunyai pendapatan.

Baca Juga :  Polisi Dituding Terima Dana Koordinasi dari Setiap Pengapalan Ore Nikel

“Jika dia sudah ada di instansi lain ada honor, ada menerima honor, itu akan digaris,” terangnya.

Perlu kita ketahui, lanjutnya, nanti ada tim khusus yang turun langsung mendata ulang agar penerima BLT sesuai kriteria.

“Sesuai aturan menteri, BLT di tahun 2021 lebih diprioritaskan dan akan berlanjut di bulan Januari sampai Desember sebesar Rp 300.000. Jadi, semua usulan tersebut tetap mengacu pada anggaran dana desa nantinya, ” imbuhnya.

AKBAR/NURSADAH