Rektor USN Kolaka Harapkan Alumni Pertanian Jadi Pelopor Kewirausahaan

29
Rektor USN Kolaka Dr Azhari saat memindahkan tali toga secara resmi perwakilan alumni FPPP di Auditorium Kampus USN Kolaka (FOTO: YUSRI)

BeritaRakyat.id, Kolaka – Sebanyak 740 mahasiswa Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mengikuti wisuda mulai 30 November sampai dengan 2 Desember 2020.

Dari sejumlah mahasiswa itu, 67 di antaranya adalah lulusan Fakultas Pertanian Perikanan dan Peternakan (FPPP) yang bisa menjadi pelopor wirausahawan muda di bidang pertanian.

“Saya harap alumni pertanian bisa menjadi pelopor wirausaha di bidang pertanian. Sarjana pertanian yang memahami selak beluk pertanian bisa memberi contoh kepada masyarakat kita, tentang bagaimana caranya menjadi wirausahaan di bidang itu dan jangan pernah menganggap pekerjaan bertani itu tidak menjanjikan, dan pekerjaan itu seolah-olah hina,” kata Rektor USN Kolaka Dr Azhari di kegiatan wisuda yang digelar di Auditorium USN, Senin (01/12/2020).

Seharusnya, kata dia, pembangunan di sektor pertanian perlu mendapat perhatian karena terkait ketahanan pangan yang setiap hari mesti dipastikan aman demi keberlangsungan hidup.

“Bangsa kita saat ini tidak mementingkan pertanian lagi, akhirnya keterpurukan kita semakin menjadi dan keterpurukan ekonomi kita semakin tinggi, kenapa? kita impor terus, beras kita impor, jagung kita impor, ternak kita impor, buah-buahan apalagi, kita impor dari negara-negara seperti Thailand yang wilayahnya lebih kecil daripada kita, warganya lebih sedikit daripada kita tapi kenapa bisa kita mengimpor bahan makanan dari mereka,” tegasnya.

Baca Juga :  Hadiri Pelepasan Kontingen Sepak Takraw Sultra, Andi Sumangerukka Pesankan Ini

Menurutnya, dengan kondisi saat ini adalah persoalan paradigma berpikir para pendahulu, yang mana mempengaruhi cara berpikir generasi setelahnya bahwa pekerjaan bertani itu adalah pekerjaan yang tidak menjanjikan.

“Menjadi petani menurut saya lebih banyak hasilnya dibandingkan pengawas negeri sipil (PNS), cuma menangnya di PNS itu hari-hari dia kerja bajunya rapi, pergi kantor pakai sepatu. Petani itu tidak, tetapi kalau dipikir baik-baik, petani itu sangat menjanjikan, saya tidak menyuruh kamu menjadi petani tradisional, saya meminta menjadi petani yang profesional, jadilah wirausaha muda yang akan menjadi contoh-contoh sarjana
lain di bidang pertanian perikanan dan peternakan,” pesannya.

YUSRI/NURSADAH